Tuesday, April 26, 2016

Film "On - Drakon" (2015)

Film ini mengisahkan cerita fantasi tentang adanya legenda Naga yang hidup di pulau misterius untuk memangsa para gadis muda pilihannya untuk dijadikan korban untuk melahirkan keturunan Naga selanjutnya. Hanya saja kisah ini, lebih menjadi simbolis tertentu yang ditutup-tutupi dengan gaya cerita khayalan. Dari sesi positifnya seolah-olah ingin menjelaskan bahwa seekor Naga campuran manusia jadi-jadian ini mempunyai jiwa yang baik dan tujuan yang baik, tidak seperti makhluk yang jahat.

Pulau Naga di dalam kisah ini tidak mampu ditembus oleh para pelayar/pelaut/nelayan manapun, karena yang mereka lihat hanyalah tertutup oleh kabut. Kekuatan cinta dari gadis yang mencintai kekasihnyalah yang mampu menembus dan memberikan sinyal/tanda dan membuka kabut yang menutupi jalan untuk menyelamatkan gadis yang telah diculik oleh Naga ini. Maka dari situlah cinta keduanya benar-benar diuji, apabila gadis yang diculik oleh Naga itu tidak mencintai pria pilihannya, maka sudah dipastikan pria yang mencari si gadis selamanya tidak akan pernah bertemu kembali alias si pria akan mati tenggelam di lautan karena kapalnya hancur karam terkena badai lautan ataupun mati kelaparan karena terombang-ambing di lautan yang berkabut tanpa jelas arah tujuannya.

Alhasil, gadis yang diculik ini ternyata punya perasaan terhadap si manusia Naga, yang baru dikenalnya dengan nama Armand, namun di sisi lain, si gadis merasa kasihan terhadap nasib Igor, pria yang telah dijodohkan oleh orang tuanya untuk menikahi Mira (si gadis yang diculik Naga). Armand merasa takut Mira akan mati bila mencintainya, karena kekuatan Naga yang mengerikan di dalam tubuhnya yang tak mampu dikendalikan olehnya. Sedangkan Mira sendiri takut bila Igor harus mati di lautan bila terus menerus terombang-ambing dalam kabut kegelapan.

Mira pun memutuskan untuk pulang kembali ke orang tuanya, Armand akhirnya luluh dan memberitaukan jalannya pulang dengan berlayar lurus mengikuti arus air laut. Mira pun bertemu dengan Igor, perasaan Igor bahagia, dipikirnya Mira telah sepenuh hati mencintai Igor. Namun, sesampainya di rumah, orang tua Mira, khususnya Ayahnya memberitaukan secara simbolis kepada Mira, bahwa Mira harus menentukan pilihan pria di hatinya, dengan siapa dia akan memilih hidup dan menikah selamanya, haruslah yang dapat membuat Mira bahagia.  

Perkataan Ayahnya Mira inilah, yang membuat Mira sadar bahwa, Mira tidak mencintai Igor. Mira terbangun dari perahu sampannya, berteriak kepada Igor, bahwa dia tidak mencintai Igor. Mira pun menyanyikan kembali lagu adat untuk memanggil Sang Naga agar menculiknya. Naga pun datang menculik Mira sebelum perahu Mira sampai ditarik tali ke tangan Igor. Igor marah dan ingin membunuh Sang Naga dengan tombak panjang, namun Ayahnya Mira yang melihat dan mendengar kejadian itu, melarang Igor untuk menyerang Naga.

Armand atau Sang Naga ini pun menjelaskan bahwa bila Mira memilihnya, maka Iblis Naga yang bersemayam dalam tubuhnya harus membunuh Mira. Namun Mira sadar, bahwa bukan dengan jalan membunuh, masalahnya hanyalah bagaimana Armand harus mengendalikan Iblis Naga yang menyatu di dalam tubuhnya itu, dengan mengendalikan amarah, emosi dan ketakutan dalam diri Armand. Mira pun menyanyikan lagu untuk Armand, hanya Mira-lah yang mengerti Armand, Mira ingin menolong Armand. Bagi Mira, sosok Armand adalah tetap manusia yang ingin hidup bahagia menjadi teman hidup selamanya.

Di akhir cerita, Mira dan Armand pun hidup bahagia dan memiliki seorang putra dari buah hati mereka. Armand pun sudah dapat mengendalikan dirinya dan menerima jati dirinya sebagai Naga (Dragon). Impian Mira dapat terbang bersama Armand pun tercapai, mereka dapat pergi ke negara-negara belahan dunia manapun mereka inginkan untuk dikunjungi dan membawa cinderamata bagi anak-anak mereka. END TAMAT.

Satu dua hal yang lucu dari kisah ini adalah adanya barang-barang terdampar dari kapal-kapal yang hanyut, seperti kotak peti berisi wayang kulit, lalu adanya buah Naga atau Dragon fruit di pulau yang jelas-jelas tidak berpenghuni itu, dapat tumbuh buah Naga. Keseluruhan isi cerita penuh simbolisme kehidupan yang ditutupi dengan cerita fantasi dan animasi yang berlebihan. Bagi para penonton yang tidak menyukai cerita roman cinta mungkin akan sedikit membosankan untuk dinikmati ketimbang menonton cerita film action. Tokoh pria aktornya sangat mirip sekali dengan wajah vampir ganteng (Edward Cullen) di film Twilight.  

No comments:

Post a Comment