Friday, January 10, 2014

18 Cara Agar Bernasib Baik

Dalam upaya menjalani kehidupan, baik di dalam rumah tangga, masyarakat maupun kantor, tanpa sadar setiap orang berusaha untuk membuat rencana dan kemudian merealisasikannya untuk mencapai tujuan. Namun seringkali pula apa yang kita lakukan seolah tak pernah mencapai tujuan seperti yang diharapkan saat membuat perencanaan, karena semua itu tak lepas dari sikap kita sebagai pelaku dalam siklus pencapaian tujuan tersebut.
Berikut ada 18 cara untuk menjadi orang yang bernasib baik :

1. Bekerja keras tanpa menarik perhatian
Orang yang bernasib baik fokus pada tindakan, mereka menghabiskan waktu pada hal-hal penting, bukan dalam hal menyombongkan diri dan pamer. Mereka selalu fokus pada kinerja yang lebih baik.

2. Bergaul dengan orang yang berpikiran positif dan optimis

3. Tanamkan pola pikir positif setiap hari
Terkadang mungkin akan terlintas dalam benak kita beberapa pikiran yang negatif, kemudian pikiran tersebut akan memberi kita dampak negatif terhadap tindakan kita.

Secara sadar memilih bahasa dan tindakan yang tepat meminta kita untuk secara sadar memilih pemikiran yang tepat. Misalnya, setiap bangun pagi berkata pada diri sendiri, "Setiap hari, tidak peduli dari sudut pandang mana, saya telah menjadi lebih baik dan akan lebih baik lagi."

4. Jangan berpikir terlalu banyak, segeralah bertindak
Bimbang dan ragu menghadapi suatu pilihan, ini adalah sesuatu yang sering ditemui oleh banyak orang. Sesungguhnya, keputusan terburuk adalah tidak membuat keputusan.

Sukses berasal dari keputusan yang baik, keputusan yang baik berasal dari pengalaman, pengalaman berasal dari penilaian yang buruk. Jadi, meskipun sekarang anda telah menetapkan sebuah keputusan yang buruk, namun selama anda telah belajar dari pengalaman, maka pada akhirnya ia akan menuntun anda kepada keputusan yang baik.

5. Punya tujuan yang jelas dan pasti
Orang yang bernasib baik memiliki tujuan yang sangat jelas. Dan apa pun yang terjadi, mereka secara konsisten akan terpaku pada tujuannya.

6. Menerima ketidaksempurnaan
Mereka tidak akan berkata, "Sekarang bukan waktu terbaik."
Tetapi mereka akan mengatakan, "Saat ini adalah waktu yang tepat."
Mereka tahu bahwa waktu yang tepat selamanya tidak akan datang kepada mereka dengan sendirinya, dengan demikian mereka akan segera menciptakan kesempatan terbaik.

7. Jangan peduli dengan kritikan orang lain
Orang yang bernasib baik akan tetap fokus dan tidak akan terganggu oleh ucapan orang lain, dari orang yang skeptis atau dari orang yang tidak suka. Mereka tidak akan membiarkan pikiran negatif mempengaruhi pikiran mereka. Mereka akan secara aktif mencoba dan melangkah maju.

8. Banyak mendengar petunjuk dari suara hati
Orang yang bernasib baik sering termotivasi oleh emosi mereka. Mempertimbangkan sesuatu itu sangat penting, tapi kita harus sering mendengarkan sanubari kita untuk memberi petunjuk pada diri sendiri. Ketika kita menghadapi masalah sulit, pemikiran dan perasaan kita akan sering berbenturan, orang yang bernasib baik cenderung mengikuti suara hati daripada berpedoman pada pikiran mereka.

9. Fokus pada hasil, bukan pada rencana
Rencana akan berubah. Kejadian yang tak terduga mungkin dapat mengandaskan rencana terbaik, namun hasilnya tidak. Pernikahan yang bahagia, anak-anak yang pintar, pekerjaan yang berarti dan karir yang cemerlang, semua ini umumnya merupakan tujuan kita yang tidak berubah.

10. Mengambil banyak tindakan
Orang yang bernasib baik berani untuk mencoba, meskipun mungkin akan gagal. Mereka tidak akan diam tanpa berbuat apapun, melainkan selalu mencoba sampai semuanya menjadi jelas.

11. Kapan saja selalu bersedia untuk berkomunikasi dengan orang lain
Orang yang bernasib baik akan menyambut hangat siapa saja dan bersedia untuk mendengarkan ide-ide mereka, serta berdiskusi dengan ide-ide mereka sendiri. Acap kali sebuah ide akan mengarah ke ide baru yang lain

12. Setiap hari selalu fokus pada saat itu
Buang masa lalu dan fokus pada saat ini, orang yang bernasib baik memfokuskan diri mereka pada sesuatu yang dapat dirubah pada saat itu. Mereka tidak khawatir akan hari kemarin atau besok.

13. Keyakinan untuk mengatasi kesulitan
Orang yang bernasib baik juga akan mengalami kegagalan, tetapi, mereka akan terus bergerak maju, karena mereka percaya selama terus bertahan mereka akan dapat terlepas dari kegagalan dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

14. Percaya pada diri sendiri
Mereka tidak merasa dirinya hebat. Orang yang bernasib baik percaya bahwa setiap orang memiliki kekuatan batin yang tangguh, kekuatan yang ulet ini dapat membuat kita mendapatkan prestasi yang hebat.

15. Penuh rasa ingin tahu
Mereka akan bertanya pada siapapun yang tahu tentang hal-hal yang sederhana. Mereka ingin memahami prinsip kerja tentang hal ihwal, merupakan penyelidik yang ingin tahu sampai ke akar-akarnya, dan menyambut ide-ide, pandangan atau pendapat yang baru.

16. Hati yang bersyukur
Orang yang bernasib baik menganggap hidup itu bagaikan sebuah hadiah, hati mereka selalu dipenuhi rasa syukur saat bekerja.

17. Mengakui bahwa diri kita bukan orang yang cerdas
Orang yang bernasib baik selalu mencoba untuk belajar hal-hal yang baru dan menjadi lebih cerdas. Mereka mengakui kekurangan dan kesalahan sendiri, namun bisa belajar dari kesalahan dan terus melangkah maju. Mereka tahu kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup berasal dari pembelajaran yang berkelanjutan.

18. Melayani orang lain, membantu orang lain
Orang yang bernasib baik selalu sangat terbuka untuk membantu dan melayani orang lain, tidak peduli apakah itu di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi. Mereka tahu membantu orang lain dengan sepenuh hati untuk mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan, kebutuhan sendiri dengan sendirinya juga akan mendapatkan kepuasan.

Sumber : Epochtimes

No comments:

Post a Comment