Tuesday, September 29, 2015

Kisah Persahabatan

Pada suatu ketika, ada dua sahabat baik tinggal bersama di dalam naungan sebuah gua batu. Kedengarannya aneh, kedua sahabat itu adalah singa dan harimau. Ini adalah kisah tentang persahabatan mereka.

Kedua sahabat baik itu bertemu ketika mereka masih sangat kecil untuk mengetahui perbedaan antara singa dan harimau. Jadi mereka sama sekali tidak berpikir tentang persahabatan mereka yang terkesan tidak seperti biasanya. Selain itu, mereka tinggal di daerah pegunungan yang damai karena pengaruh seorang biarawan yang menetap di hutan dekat pegunungan tersebut. Dia adalah seorang pertapa, yang tinggalnya jauh dari keramaian orang.

Suatu hari, kedua sahabat itu terlibat dalam sebuah perdebatan konyol. Harimau berkata, “Semua orang tahu udara dingin datang pada saat bulan sabit menuju bulan mati!” Singa berkata, ”Darimana Anda mendengar omong kosong seperti itu? Semua orang tahu udara dingin datang ketika bulan sabit menuju bulan purnama!".

Perdebatan mereka semakin sengit. Mereka tidak bisa meyakinkan satu sama lain dan tidak dapat mencapai kesimpulan apapun untuk menyelesaikan perdebatan yang semakin memuncak itu. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi meminta pendapat kepada biarawan yang berada di hutan, dengan harapan biarawan tersebut pasti mengetahui tentang hal-hal seperti ini.

Pada saat mereka tiba mengunjungi biarawan yang damai, singa dan harimau membungkuk hormat dan mengajukan pertanyaan mereka kepada biarawan. Biarawan yang ramah itu berpikir sejenak dan kemudian memberikan jawabannya.


“Dingin dapat terjadi dalam setiap fase bulan, dari bulan mati menuju bulan purnama dan kembali ke bulan mati lagi. Adalah angin yang membawa udara dingin tersebut, apakah angin itu dari barat atau utara atau timur. Oleh karena itu, kedua pendapat dari Anda berdua sama-sama benar! Dan tidak ada salah satupun dari Anda berdua yang dikalahkan oleh pendapat yang lain."

"Beda pendapat itu biasa. Yang paling penting adalah hidup tanpa konflik, untuk tetap saling bersahabat. Persahabatan adalah hal terbaik dalam segalanya.“

Singa dan harimau mengucapkan terima kasih kepada pertapa yang bijaksana. Mereka senang karena masih dapat terus bersahabat selamanya.

Pesan moral adalah : Cuaca bisa datang dan pergi, tetapi persahabatan tetap harus dijaga. 

Sumber : Erabaru

No comments:

Post a Comment